Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Benar

cara mengemudi mobil matic

Bagaimana cara mengemudi mobil matic yang dan benar? Pada saat ini kebanyakan orang lebih memilih mengendarai mobil matic dibandingkan mobil manual, karena memang menggunakan mobil matic lebih mudah dan simpel.

Tapi tidak sedikit juga orang yang belum mengerti dan paham bagaimana mengendarainya dengan baik dan benar. Beberapa orang bingung mengemudi mobil matic adalah pada cara kerja transmisinya.

Artikel menarik lainnya : Cara merawat mobil matic agar awet dan enak digunakan

Cara Mengemudi Mobil Matic

Sebagai panduan terutama untuk para pemula, berikut cara mengemudi mobil matic yang baik dan benar.

Satu. Fokus Ketika Mengemudi

Ketika Anda mengendarai mobil, hal yang paling penting adalah fokus ke jalanan agar tidak merugikan pengendara yang lain dan Anda bisa selamat sampai ke tujuan.

Terutama jika Anda masih dalam tahap belajar mengendarai, maka Anda harus fokus dan tetap memperhatikan spion kanan dan kiri agar tahu bagaimana situasi sekitar mobil Anda.

Dua. Memahami Posisi dan Urutan Tuas Transmisi

Ketika Anda mengendarai mobil matic, Anda harus mengerti dan memahami urutan tuas transmisi di luar kepala agar tidak salah ketika mengendarai mobil.

Biasanya tuas mobil matic memiliki barisan yang kombinasi huruf dan angka, yaitu P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-). Cara menggunakannya :

  • Ketika situasi jalan tidak macet dan Anda mengendarai dengan kecepatan yang normal maka posisinya di D.
  • Jika situasi macet cukup padat atau lampu merah dengan waktu yang lama sebaiknya posisi N.
  • Ketika Anda mau memindahkan posisi transmisi ke D, Anda harus menginjak rem terlebih dahulu agar mobil tidak melaju dengan sendirinya.
  • Jika jalanan yang Anda lewati adalah sebuah tanjakan maka posisi transmisi harus di L atau 2.

Hal yang sangat perlu diingat dan diperhatikan adalah hindari menginjak rem dan gas secara bersamaan agar transmisi pada mobil tidak mengalami kerusakan.

Tiga. Mengenali dan Memahami Fitur Mobil

Sebagai pengendara mobil matic Anda harus tahu dan memahami apa saja fitur yang ada di mobil tersebut dan mengetahui fungsinya.

Misalnya tombol-tombol tertentu seperti tombol lampu sign dan klakson. Jadi Anda harus mengenali dan tahu bagaimana cara untuk mengoperasikannya.

Karena jika tidak bisa membahayakan diri Anda sendiri dan pengguna jalan yang lain. Dengan hal ini Anda pasti sudah tau apa fungsi dari lampu sign dan klakson itu sendiri untuk pengguna jalan lainnya, yaitu sebagai pemberi tanda jika Anda akan berbelok, menyalip atau yang lainnya.

Empat. Sering Berlatih Cara Mengemudi Mobil Matic

Jika Anda sudah memahami posisi transmisi di luar kepala dan mengenali semua fitur yang ada di mobil tersebut, sebaiknya Anda sering berlatih agar lebih lancar dan handal dalam mengendarai mobil.

Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk lihai jika tidak sering berlatih mengendarai di jalan.

Lima. Hindari Sikap Panik

Ketika Anda sudah turun ke jalan, tidak jarang orang yang melakukan kesalahan. Tapi, jika Anda melakukan kesalahan jangan pernah merasa panik yang membuat Anda semakin bingung apa yang harus Anda lakukan selanjutnya karena konsentrasi yang kacau.

Anda harus tetap tenang dan berkonsentrasi agar bisa mengendalikan mobil selanjutnya dengan selamat.

Tonton Video Tutorial Mengemudi Mobil Matic

Itulah cara mengemudi mobil matic yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Memang mengendarai mobil matic lebih mudah daripada mengendarai mobil manual.

Tapi jika Anda tidak bisa memahami posisi tuas transmisi juga akan membahayakan diri Anda dalam berkendara. Oleh karena itu, kuasai terlebih dahulu materi dalam mengemudi dan banyak melakukan latihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *