Sedekah

Secara harfiah atau menurut bahasa, sedekah artinya membenarkan. Berasal dari kata الصدقة dalam bahasa Arab. Secara umum sedekah atau shodaqoh memiliki makna yaitu memberikan sebagian harta dijalan Allah dengan ikhlas, yakin, dan semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah. Lebih lanjut, shodaqoh adalah perbuatan baik, pekerjaan mulia, atau amalan yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhana wa Ta’ala.

Contoh Sedekah Dalam Islam

Salah satu contoh sedekah yang paling mudah adalah tersenyum kepada orang lain. Jangan senyum sendiri ya, nanti orang lain takut. Tersenyumlah kepada orang lain walaupun kita tidak mengenal sebab baru berjumpa dan sebagainya. Contoh lain sedekah misalnya seperti yang dikatakan oleh ustadz Abdul Somad dalam salah satu sesi ceramahnya di Sumatera Selatan. Dalam tausiah tersebut beliau menyampaikan sebuah hadits yang kira-kira bunyinya seperti ini “Tiap-tiap tulang sendi kamu ini musti shodaqoh”. Kita memiliki 360 persendian dan itu semua harus shadaqah. Baca juga : 5 Keutamaan sedekah dalam Islam

Menuangkan air untuk ulama, shodaqoh. membuang batu besar dari tengah jalan. Menimba air untuk keperluan orang banyak. Menambal jalan yang rusak, Menyapu lantai masjid agar para jama’ah lebih khusu’ dalam sholatnya, shodaqoh. Membantu orang tua, atau orang penyandang disabilitas menyeberang jalan. Memberi nasehat, mengingatkan, atau berbagi ilmu kepada orang lain. Mengucapkan kalimat toyyibah, Allahu Akhbar, Alhamdulillah, Subahanallah, Astaghfirullah juga sedekah. Dari hadits riwayat Muslim dikatakan bahwa kalimat dzikir tadi, dan mengambil batu, duri dan tulang dari tengah jalan. Serta mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari perbuatan buruk akan dihitung sedekah bagi seluruh persendian kita.

Beda Infaq dan Sedekah

Menurut ustadz Abdul Somad anjuran yang paling tinggi itu adalah Zakat, baru kemudian infaq. Lalu beda infaq dan sedekah itu apa pak ustadz ? kalau infaq itu benda. contoh infaq misalnya membeli karpet untuk masjid, membeli microfon untuk masjid. Atau kita memasukkan uang kedalam kotak amal, lalu uangnya dipakai untuk keperluan masjid itu disebutnya infaq. Kalau sedekah bukan benda. Gotong royong termasuk sedekah, tersenyum, dan perbuatan baik lainnya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, LC, MA ; Infaq terbagi dua :

  1. Infaq hukumnya wajib
  2. Infaq hukumnya sunnah

Contoh infaq yang wajib adalah infaq suami kepada istri. Itu infaq wajib, itu sebabnya disebut memberi nafkah istri. Nafkah yang berasal dari kata nafqah atau nafaqah dalam bahasa arab itu asalnya dari kata infaq. Contoh infaq yang sunnah adalah infaq anak kepada orang tuanya, atau ibu bapaknya. Orang tua kita tidak boleh dizakati melainkan diinfaqkan. Infaq harus harta / benda tidak boleh yang lain. Misalnya memberi baju atau membelikan baju, dan sebagainya seperti yang sudah disebutkan diatas intinya harus berupa materi. Dan satu lagi infaq harus yang terbaik jangan berikan yang jelek apalagi yang tidak layak pakai misalnya. Yang musti di infaqkan itu harus yang terbagus yang kualitasnya baik, tidak harus mewah.

Sedangkan shadaqah, masih menurut Ustadz Adi Hidayat, ini yang sering orang keliru. Keliru dalam prosesnya, syaratnya, dan keliru dalam memahaminya. Dalam istilah fiqih “Kullu ma’rufin shadaqah” Setiap perbuatan baik itu sedekah. Tidak harus pakai harta benda.

Kesimpulan

Kesimpulannya makna shadaqah itu ialah segala perbuatan baik, baik itu berupa harta benda, materi, ide, membantu orang lain yang kesusahan, mendo’akan, memberi senyuman kepada saudara dll dengan ikhlas dan yakin serta semata-mata hanya mengharapkan ridho dan atau pahala dari sisi Allah Subahana wa Ta’ala, wallahu a’lam. Terima kasih sudah membaca artikel ini secara lengkap. Semoga menambah ilmu dan pemahaman kita terhadap makna sedekah. Dan yang terpenting semoga kita semakin rajin berinfaq dan memberi sedekah. Salah satunya ialah dengan berinfaq melalui link berikut : Sedekah mohon bantuan untuk kejayaan Islam

2 tanggapan pada “Sedekah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *