Tips Membeli Mobil Bekas Yang Aman Dengan Metode C2NB

Tips membeli mobil bekas yang aman sumber foto tempo.co

Tips membeli mobil bekas yang aman berkualitas menjadi solusi yang bagus bagi seseorang yang ingin membeli mobil yang diinginkan namun keuangannya tidak mendukung. Beli bekas tidak masalah, namun perhatikan dulu kualitas mobil tersebut.

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Aman

Lalu, bagaimana cara supaya kita bisa membeli mobil dengan kualitas baik dan sesuai budget? Agar tidak salah pilih, coba ikuti 7 tips berikut.

Baca juga : Mobil klasik keren dan antik bergaya Eropa yang fenomenal

1. Perhatikan Lokasi Beli Mobil Bekas

Banyak tempat yang menjual mobil bekas dengan berbagai penawaran untuk menarik konsumen. Jadi harus teliti sekali dalam memilih, jangan langsung memilih mobil tanpa pikir panjang. Sebaiknya beli langsung dari pemiliknya. Meskipun Anda memanfaatkan marketplace, tetapi gunakan fitur cari penjual yang terdekat. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam menemukan penjual yang bisa ditemui secara langsung.

2. Pengecekan Secara Menyeluruh

Pengecekan pada bagian luar mobil atau bagian bodinya penting dilakukan saat beli mobil bekas. Lihat apakah terdapat goresan atau tidak, bagaimana kondisi mobil tersebut. Juga cek bagian kaca, lampu mobil hingga ban mobil. Tanyakan juga apakah mobil pernah dicat ulang, dimodifikasi atau lainnya. Karena harga jual kembali mobil yang pernah dimodifikasi pasti lebih murah.

3. Pengecekan Mesin

Ketahui bagaimana performa mesin sebelum beli mobil, hidupkan mesin dan perhatikan bunyinya. Bunyi mesin yang tidak terlalu kasar hingga halus menandakan kondisi mesin masih bagus. Bukan hanya sekali, cobalah menyalakan beberapa kali agar lebih jelas bagaimana kondisi dari mobil yang akan Anda beli.

Tonton Video : Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas – Jangan Sampai Kena Tipu!

4. Lakukan Tes Mengendarai

Sebaiknya, lakukan test drive agar benar-benar yakin bahwa mobil tersebut kondisinya masih prima untuk melakukan perjalanan. Coba oper gigi mobil untuk mengetahui apakah gigi mobil bisa berjalan lancar atau tidak. Jika ketika dikendarai mobil tersebut cenderung berbelok ke kanan atau kekiri, sebaiknya cari mobil yang lain.

5. Amati Bagian Interior dan Aksesoris

Perlu dicermati mulai dari karpet dalam mobil, pengaturan AC, bagian dashboard, langit-langit serta kualitas jok mobil tersebut. Coba duduki jok tersebut dan tarik ke belakang serta perhatikan kualitas pelapis jok.

6. Ketahui Kelengkapan Surat

Jangan sepelekan masalah surat ketika beli mobil bekas karena surat adalah komponen terpenting. Jangan lupa minta lihat BPKB serta STNK pemilik mobil yang asli agar tidak membeli mobil hasil curian.

7. Cek Fisik

Ini dilakukan di kantor Samsat agar apa yang tertera di STNK dan BPKB benar seperti yang sebenarnya di mobil. Jangan lupa minta cek fisik karena juga sangat penting. Di era digital saat ini, nomor STNK dan BPKB sudah bisa dicek secara online. Jadi, akan lebih baik jika nomor-nomor tersebut Anda cek langsung apakah namanya memang sesuai dan data-datanya valid. Jadi, Anda akan benar-benar terbebas dari resiko membeli mobil bodong atau curian.

Inilah 7 yang perlu dilakukan jika ingin membeli mobil dalam keadaan bekas. Sebaiknya, ajak orang yang mengerti tentang mesin dan kelengkapan dokumen mobil ketika Anda berencana untuk melakukan survei. Perhatikan komponen penting dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari terutama surat, STNK dan BPKB.

Pastikan rumah penjual selalu available untuk dikunjungi sebelum benar-benar fix mobilnya dibeli. Cek dari tetangga penjual, apakah orang ini memang bertempat tinggal di sana dan mudah untuk dihubungi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan mobil bekas berkualitasdan juga aman. Di hati pas, di kantong pas. Gunakan Metode C2NB

  1. Cari
  2. Cek
  3. Nego
  4. Bayar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *